Pengalaman Short Course Blog bersama Master Blogging

0

 

30 juta pertama dari blog. Sebuah artikel yang aku baca dan sangat menggiurkan. Jihan MW adalah salah satu perempuan dan seorang ibu yang mendapatkan penghasilan dari menulis blog. Menulis blog ia tekuni benar setelah memutuskan resign dari pekerjaannya sebagai penyuluh. Sebagai seorang

perempuan dan seorang ibu baru, tentu saja aku sangat tergiur melihat angka 30 juta tersebut. Aku tergiur bukan tanpa alasan dan kemampuan. Sudah sejak S1 aku menulis blog. Namun saat ini terhenti karena alasan pekerjaan. Blog gratisku mati suri. Walaupun masih ada yang mengunjungi untuk melihat informasi jasa transkrip wawancara. Sebuah jasa yang aku buka dengan iseng tapi menghasilkan cuan sampai sekarang. Lalu, kemampuanku menulis juga tidak buruk-buruk amat. Aku mendaku diri sebagai penulis cerpen. Padahal cerpen yang aku tulis dalam setahun hanya satu. Loh bagaimana bisa kok se-percaya diri itu mendaku sebagai penulis cerpen? Ya bagaimana pun, aku jatuh cinta pada cerpen-cerpenku. Aku tidak menyangka bahwa aku yang dulu adalah perangkai kata ulung. Kalimatnya tajam. Idenya kritis. Kepercayaan diri ini adalah sebuah doa, sebuah mimpi yang selalu terlihat kemanapun aku melangkah. Okay. Dengan kepercayaan diri ini aku mulai menata langkah lagi. Minimalnya dua hal yang akan aku lakukan teru-menerus. Ngeblog dan nulis cerpen.

Blog www.jeyjingga.com milik Jihan MW dan instagramnya dibanjiri oleh pertanyaan netizen bagaimana cara menghasilkan cuan dari blog. Alih-alih menjawab satu-satu DM dan komentar yang masuk, Jihan MW membuka short course gratis untuk 100 peserta secara gratis pada tanggal 26-28 Oktober 2021. Didampingi Shafira, pemilik blog www.ceritamamah.com dan Abdul Rozak, pemilik lebih dari 100 blog di Indonesia short course ini berhasil menggaet peserta sebanyak kurang lebih 130 peserta.

Hari pertama short course ruang google meet penuh sesak. Beberapa peserta terpental keluar. Beberapa peserta mencoba masuk ruangan ini. Karena keterbatasan ruang, kami migrasi ke ruang zoom. Di sini peserta bisa leluasa masuk. Bagiku, seseorang yang berpengalaman sebagai penyelenggara acara, peserta short course ini sangat militan karena pendaftar kurang lebih 130, yang hadir pun tak jauh dari angka itu. Tak seperti acara biasanya, pendaftar 100, kemungkinan yang hadir kurang lebih 30-40 orang. Selalu begitu. Sehingga kalau kita menargetkan 100 peserta mengisi ruangan zoom, pendaftar harus mencapai 250 peserta. Begitulah kalkulasi yang biasa kami lakukan sebagai penyelenggara acara. Tetapi acara ini, lain. Pemicunya apa? Tentu saja cuan 30 juta itu. Terbukti, di awal presentasi Shafira, ia mencoba menggali motivasi peserta. Beberapa peserta menjawab tertarik untuk mendapatkan cuan dari blog. Rata-rata peserta adalah pendatang pemula. Namun beberapa yang lain adalah para blogger master.

"Aku pemula sih mbak. Lalu motivasi terbesar sih ya pengen tahu gimaa caranya dapat cuan dari blog." Jawab salah satu peserta.

Shafira, pemateri hari pertama menjelaskan mengenai pengantar bagaimana mendapatkan penghasilan dari blog dan cara membuat artikel yang menarik. Ada enam cara untuk meruap penghasilan dari blog. 


 

Pertama marketplace job. Di marketplace job kita mendaftarkan blog kita untuk menerima review sebuah brand. Hal yang perlu diperhatikan untuk masuk marketplace job adalah niche, traffic, dan follower di blog.

Kedua sponsored post. Sponsored post adalah membuat konten-konten yang disponsori atau berbayar. Biasanya perusahaan menggunakan dan membayar blogger untuk membuat artikel mengenai produk atau topik tertentu yang bisa dikaitkan dengan produk atau brand mereka.

Ketiga content placement. Adalah penempatan konten/artikel pada suatu blog/website. Content placement biasanya berasal dari sebuah brand. Para blogger yang menyediakan slot untuk content placement akan mendapatkan penghasilan karena telah memposting artikel berupa iklan, dan pihak yang memberikan iklan akan mendapatkan keuntungan berupa promosi produk secara luas.

Keempat memasang iklan. Niche (tema dan karakter blog) dan traffic adalah kunci untuk mendapatkan cuan dari memasang iklan. Kita dapat memanfaatkan platform google adsense di sini. Caranya mudah. Cukup mendaftar dan mengijinkan google adsense untuk menempatkan iklan di dalam blog. Lalu kita akan menerima bayaran. Iklan yang ditampilkan di blog adalah iklan yang sesuai dengan konten blog atau berdasarkan riwayat penelusuran orang yang telah melihat blog kita. 

Kelima affiliate marketing. Dalam affiliate marketing, blog kita mempromosikan sebuah produk. Jika ada pengunjung blog yan tertarik dan kemudian membeli produk tersebut. Dengan begitu, kita akan mndapatkan sejumlah komisi yang sudah ditentukan. Beberapa contoh program affiliate seperti affiliate hotel (agoda, booking.com), affiliate produk digital, affiliate online shop, dll.

Keenam, mengikuti lomba blog. Di media sosial banyak sekali informasi tentang lomba blog ini. Penyelenggara lomba blog bermacam-macam. Mulai dari instansi pemerintah, instansi swasta, komunitas, perguruan tinggi, dan lain-lain. Para blogger diajak untuk menulis artikel di blog dengan tema tertentu dalam jangka waktu tertentu. Biasanya ada batas minimal usia blog. Ada juga yang mengharuskan blog yang diikutkan lomba adalah blog berbayar. Namun, tak jarang, blog domain gratis seperti wordpress, blogspot diijinkan untuk mengikuti lomba. Lomba blog ini adalah satu hal yang pernah aku lakukan.

Sementara Jihan MW, pemenang 34 lomba berbagi tentang penghasilan 30 juta dari blog yang ia alami sendiri serta tips bagaimana memenangkan lomba dan pengantar SEO. Nama Jihan MW atau blog www.jeyjingga.com telah berseliweran di banyak pengumuman lomba blog. Ratu lomba adalah celotehan yang muncul dari salah satu netizen. Sebutan itu disematkan karena pengalamannya mengikuti lomba dan banyak lomba yang berhasil ia menangkan. 

Saat mengintip blognya, blog ini merupakan blog yang eyecathing, informatif, dan kekinian. Warna hangat menyelimuti nuansa blog Jihan. Lalu aneka design aplikasi canva besutan Jihan mempercantik setiap tulisannya. 

Tak salah memang dewan juri banyak yang cocok dengan blog juga kontennya Jihan. Ingin menang lomba blog seperti Jihan? Ini dia beberapa tips yang ia bagikan. 


 

Tips memenangkan lomba


1.      Pelajari penyelenggara
2.      Pelajari tema lomba dan lakukan riset untuk bahan tulisan
3.      Pikirkan pokok bahasan yang unik
4.      Kaitkan tema dengan pengalaman pribadi (jika ada)
5.      Beri gambar dan infografis pendukung
6.      Sertakan data pendukung untuk menguatkan pendapatmu dalam tulisan
7.      Pastikan ada manfaat yang bisa diambil oleh pembaca
8.      Berdoa

Kedepalan itulah yang aku temukan ketika membaca blog Jihan. Ia selalu mengaitkan pengalaman pribadinya. Aku senang dengan cara ini karena pengalaman adalah guru terbaik. 

Selain itu, true story membuat tulisan menjadi lebih hidup. 

Aku yakin, Jihan adalah pembaca yang kuat, tak jarang aku menemukan perspektif baru, banyak juga kutipan tokoh. Di setiap tulisannya, selalu ada infografis menarik ala  milenial yang menyertainya. 

Hari ketiga ditutup oleh Rozak. Ia membagikan materi tentang Adsense dan SEO lanjutan. Materi ini sangat cocok diberikan sembari praktik. Sehingga tidak banyak teori yang disampaikan namun Rozak banyak menunjukan contoh juga mengajak praktik langsung tentang adsense dan SEO lanjutan ini. 

Demikianlah short course ini berjalan dalam tiga hari. Short course yang menyenangkan dan menantang.

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Post a Comment (0)
Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !